Monday, March 11, 2013

Peduli Lingkungan Dengan Boneka Horta

Environment - Lihatlah tanah di lingkungan sekitarmu!. Apakah tanah dilingkunganmu masih cocok atau tidak untuk ditanami tanaman yang ingin kamu tanami?.

Keadaan lingkungan tanah saat ini sudah dibilang sangat kritis dan kita pun juga masih sulit menemukan tanah yang subur, kalau kita menemukan tanah subur itupun saja sangatlah sedikit dan kandungan mineralnya juga kurang. Itu semua dikarenakan cepatnya pertumbuhan penduduk yang mendesak masyarakat untuk melahirkan adanya urbanisasi, pembangunan, industri, dan lain-lain. Dan pada akhirnya akan menyebabkan kurangnya tanah/lahan untuk penghijauan karena semua tanah sudah digunakan hal tersebut.

Apabila lingkunganmu mungkin seperti itu, pastinya di lingkungan tempat tinggalmu akan merasakan dampaknya (seperti udara yang terasa lebih panas, stress, dan gersang) karena semua tanah dilingkunganmu sudah digunakan untuk itu dan tidak bisa lagi ditanami dengan tanaman.

Tapi tenang saja, tiap masalah pasti ada solusinya kok. Solusinya apa ya?. Solusinya adalah....

Mari kita buat "BONEKA HORTA".

Hah...!?!?!. Apa itu?. Dan apa hubungannya dengan lingkungan tanah?.

Ada hubungannya kok dengan lingkungan tanah, dan kira kira apa sih boneka horta itu?.

Boneka horta sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu horta doll dan horta pot. Dan pengertiannya sendiri adalah sebagai berikut:

Horta doll atau boneka horta atau juga dikenal sebagai boneka hortikultura merupakan boneka dari perpaduan bahan-bahan hidroponik yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk hewan, manusia, dan buah. yang bisa dipelihara dan dijadikan sebagai media alternatif penanaman tumbuhan serta sebagai sarana edukasi pertanian. Apabila disiram secara rutin di luar ruangan akan tumbuh berupa semai (rumput/cambah/padi) dalam kurun waktu kurang lebih semingguan pada salah satu tubuh boneka yang telah diberi benih, pupuk, serbuk kayu yang dimasukan kedalam stocking.

Sedangkan pengertian dari Horta pot sendiri sebenarnya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Tapi hanya ditambah pot sebagai hiasannya atau wadahnya dan ditambahi hiasannya pada pot itu hingga elok.

Boneka horta sendiri merupakan temuan karya anak bangsa lho, dialah adalah salah satu mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Usaha ini muncul dari keinginan untuk memberikan pendidikan pertanian bersifat instan kepada anak-anak. Ide awalnya sendiri karena sangat erat hubungannya dengan anak anak. Setelah melalui konsultasi dengan pihak dosen, diarahkan untuk membuat semacam boneka hidroponik. Sekitar tahun 2004 diadakan penelitiannua meliputi tanah, pupuk, serta media lainnya.

Boneka Horta semula tidak dikembangkan untuk hal yang bersifat profit, karena hanya ingin memberikan nilai edukasi. Namun, setelah dilempar ke pasar ternyata banyak yang tertarik dan ingin membelinya. Saat ini, hampir 40 persen pembeli mendapatkan informasi melalui internet.

Cara perawatannya sendiri memang mudah dan praktis, cuma disiram dan dipotong atau juga bisa direndam kedalam air selama kurang lebih satu jam dibagian "hitam-hitamnya" atau bagian campuran benih dan pupuk.

Sama halnya seperti makanan, boneka horta ini juga memiliki masa kadaluarsanya juga lho, Tanggal kadaluarsa boneka horta, dapat dihitung dari tanggal pembelian boneka.Waktunya sekitar 3 bulan. Waktu ini tidak tepat/mutlak. Waktu bisa diperpanjang diperpendek. Untuk memperpanjang masa tumbuh benih, boneka yang belum ditumbuhkan dapat disimpan di wadah yang kedap udara, tidak terpapar sinar matahari secara langsung, dan ditempat yang tidaklembab.

Apabila selama kurang dari 3 bulan boneka terus terpapar sinar matahari, kemungkinan besar masa kadaluarsa benih lebih cepat datangnya. Masa kadaluarsanya adalah ditandai adanya proses layunya semai tersebut. Sehingga kurang begitu menarik lagi untuk dilihat.

Kira-kira penasaran kan dengan cara buatnya?. Yuk mari baca yang berikut ini dengan tema kucing...

Bahan dan alat:

Stocking (warna bebas dan sesuai tema yang kamu inginkan)
• Serbuk Kayu
• Benih (padi, kacang hijau, rumput)
• Pupuk
• Kain flanel (warna bebas)
• Mata boneka
• Lem "uhu"
• Benang kawat (warna bebas)
• Benang wol
• Gunting
• Pensil

Cara membuat:

1. Potong stocking menjadi dua bagian dengan gunting atau terserah kalian kalau tidak mau dipotong stockingnya menjadi dua bagian.

2. Setelah di potong menjadi dua bagian, pilih salah satu stocking yang sudah dipotong itu tadi dan ikat salah satu ujung stocking dengan simpul mati menjadi bentuk bungkusan. Kemudian balik ikatan stocking menjadi didalam.

3. Setelah itu masukan terlebih dahulu bibit padi yang telah dicampur sebelumnya dan kemudian masukan serbuk kayunya kedalam stocking tersebut. Setelah itu ikat bungkus stockingnya hingga erat. (Saran: sebaiknya masukan campuran bibit dan pupuknya jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Karena itu akan mungkin menghambat proses pertumbuhan semainya).

4. Bentuk dan padatkan bungkusan stocking itu yang sudah terisi campuran benih+pupuk dan serbuk kayunya. Kemudian bentuklah kepala dan kaki sehingga menyerupai bentuk tubuh kucing dan ikat bentukan itu dengan benang kawat.

5. Setelah itu tambahkan aksesoris seperti telinga, mulut, dan tambahan lainnya seperti pita atau bentuk pin bunga dari kain flanel dengan cara bentuk polanya dan gunting. Untuk kumis dan mulut dibuat dari benang wol hitam dengan cara dipelintir  ditelapak tangan yang sudah ditambahi lem "uhu".

6. Setelah semua aksesorisnya (seperti: mata, hidung, kumis, mulut, telinga, dan aksesori lainnya) sudah jadi semuanya, tinggal tempel aksesoris tersebut ditubuh bonekanya tadi.

7. Dan jadilah boneka horta bentuk kucing yang lucu.

Selain ramah lingkungan, boneka horta ini memiliki nilai ekonomis dan bisa untuk jadi peluang usahamu. Boneka horta sendiri biasanya dijual sebagai souvernir untuk acara pernikahan, khitanan, wisuda, temu kangen alumni, pesta ulang tahun, dan lain sebagainya. Di pasaran harga satuan boneka horta mencapai Rp.8000 - Rp.30.000 harga tergantung besar kecilnya boneka dan tingkat kerumitan dalam pembuatan boneka horta ini.

Boneka horta ini juga cocok ditaruh di ruang tamu, kamar, kantor, meja, teras dan sebagainya. Fungsi lainnya juga dapat mengurangi rasa stress, menyegarkan ruangan, dan memperindah tempat lingkunganmu.

Sekian, postingan ini semoga bermanfaat bagi kalian
semuanya. Salam. (Art/env.1)
:)

Lihat juga: Boneka Potty

Galeri untuk boneka horta:

Dari atas:

1. Ini hasil karya boneka hortaku dengan tema domo dan ayam yang belum ditumbuhi semai rumput. (sumber: pribadi)

2. Horta pot yang sudah tumbuh semai rumputnya. (Sumber: Google)

3. Boneka horta kucing yang belum ditumbuhi rumput. (Sumber: Google)

4. Boneka horta babi dan kodok yang sudah ditumbuhi semai rumput dan belum dipotong rumputnya. (Sumber: Google)

5. Boneka horta sapi yang sudah ditumbuhi semai rumput dan dipotong rumputnya. (Sumber: Google)

2 comments:

  1. untuk membuat boneka horta, tentu dibutuhkan lem dan cat, maka cobalah lem dan cat dari http://paintscoating.com/

    ReplyDelete
  2. Gan ,mau nanya nih ,kemarin aku udh coba tapi hasil nya mengecewakan ,kok akar nya ikut muncul juga ya ,pertanyaan nya gmna cara meletakan bibit agar akar nya gak ikutan muncul ?terima kasih

    ReplyDelete